MENGELOLA FILE PRESENTASI

https://myakunkomputer.blogspot.com/

Mengelola file presentasi
 mengelola file atau berkas merupakan kegiatan dasar dalam setiap pengoperasian sebuah progam aplikasi . Pengelola berkas ini meliputi pembuatan berkas baru , membuka berkas yang sudah ada serta mencetak berkas presentasi .
  • Membuka berkas baru ,
 secara default progam power point ketika di aktifkan akan otomatis membuat dokumen baru yang di beri nama presentation . Namun jika ingin membuat berkas baru lagi ketika progam power point sudah aktif maka dapat di lakukan dengan cara mengklik office button  kemudian pilih dan klik perintah .
  • Membuka berkas 
Langkah-langkah untuk membuka berkas presentasi adalah sebagai berikut :
  1. Aktivkan progam aplikasi microsoft office power point . Kemudian klik tombol atau office button 
  2. kemudian klik tombol OPEN 
  3. Selanjutnya akan di tampilkan kotak dialog open , carilah lokasi dimana berkas presentasi yang akan di buka tersimpan 
  4. Pilih atau klik berkas presentasi yang akan di buka . Perlu diingat bahwa berkas presentasi adalah berkasyang dimiliki ekstensi nama berupa *.ppt atau *.pptx . Berkas power point adalah hasil dari progam power point versi lama (97?2003)sedangkan untuk power point versi 2007 dan sesudahnya menggunakan ekstensi pptx . Dalam sistem operasi microsoft windows , berkas dapat di tampilkan secara detail sehingga di belakang nama berkas ada keterangan secara jelas mengenai tipe isi berkas tersebut .
  5. setelah berkas presentasi yang di kehendaki dipilih , kemudian klik tombol open yang terdapat di pojok bawah kanan kotak dialog open .
  • Menyimpan berkas 
Setelah selesai membuat atau mengedit berkas , selanjutnya untuk menyimpan berkas dilakukan dengan cara :
  1. klik tombol office .
  2. klik tombol save , maka secara otomatis progam akan menyimpan berkas yang aktif sesuai dengan nama berkas tersebut . Berikut kita dapat langsung keluar atau menutup progam power point .
  3. Jika berkas yang aktiv belum pernah di simpan sebelumnya maka akan ditampilkan kotak dialog save as . Hal sama yang akan terjadi jika kita tadi memilih perintah save perbedaanya adalah setelah mengklik tombol save as , ada pilihan untuk memilih tipe berkas sebagai pptx , power point show  atau power point saja agar kompatible dengan versi sebelumnya.
  4. Pada kotak dialog save as , pilih drive dan folder sebagai tempat menyimpan berkas 
  5. kemudian pada isian file name , ketikkan nama baru sebagai nama berkas yang di buat .
  6. selanjutnya klik tombol save yang terletak pada pojok bawah kanan kotak dialog saveas.
  • Mencetak berkas 
Langkah untuk mencetak berkas  :
  1. klik tombol office button
  2. klik tombol print 
  3. selanjutnya pilih print untuk memulai mencetak melalui kotak dialog print , atau pilih quick print jika ingin langsung mencetak dengan default printer tanpa melakukan pengaturan apapun . Sedangkan tombol print privew di gunakan untuk melihat perkiraan hasil di layar monitor .
  4. pada kotak dialog print , perhatikan beberapa hal berikut :
A. NAME , pilih nama printer yang akan di gunakan untuk mencetak .
B. print range , plih slide yang akan di cetak yaitu alll  untuk semua slide , curent slide untuk mencetak slide yang aktif saja , selection untuk mencetak bagian yang di blok dan slide untuk mengatur sendiri nomor slide yang akan di cetak .
c. print what , pilih jenis percetakan slides , handouts , notes pages atau outline view .
D. color/grayscale , pilih pencetakan bewarna atau hitam putih .
E. copies , atur jumlah percetakan pada pilihan number of copies .
     5. Klik tombol ok untuk memulai percetakan .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGEMBALIKAN FILE YANG HILANG DI KOMPUTER

CARA MENAMPILKAN ISI FOLDER / DIREKTORI WINDOWS EXPLORER

jenis prosesor komputer