BEBERAPA PENYEBAB KOMPUTER ATAU LAPTOP CEPAT PANAS

Pada jaman yang kekinian sekarang ini siapa sih yang kenal dengan komputer ? dari mulai game , print , ngetik dan lainya lagi . Tentu nya anda pasti sedikit kesal karena komputer cepat panas dan lemot . Oleh karena itu bila komputer cepat panas tidak bagus juga untuk system software , tentunya anda mukin berfikir kenapa komputer cepat panas . Berikut ini kemungkinan gejala-gejala yang membuat komputer anda menjadi cepat panas dan lemot .



Komputer menjadi cepat panas di sebabkan oleh waktu penggunaan yang di sertai kerja komputer terlalu berat atau juga komputer anda mengalami masalh pada komponennya .
Inilah beberapa penyebab komputer cepat panas :

Pendingin kipas rusak atau kotor serta berdebu




 Apabila kecepatan kipas sudah menurun maka suply udara pendingin juga akan menurun sehingga processor menjadi overheting .
Maka dari itu cara mencegahnya anda bisa membersihkan dari debu pastikan kipas nya masih berputar dengan normal ya , atau mungkin anda sudah mengetahui kipas tersebut rusak maka saya sarankan segera di ganti saja .



Perhatikan juga processornya
Jika ada perbedaan antara AMD dengan intel pada komputer anda . Processor intel terbaru anya di perbolehkan panas hingga 72 derajat saja  di bandingkan AMD panas nya sampai 85 derajat . Jadi ada sedikit perbedaan signifikan jika di raba dengan tangan terasa panas kemudian menyebabkan komputer menjadi lambat bahkan bisa mati sendiri .

Terlalu lama bermain game di komputer





Untuk bermain game dengan gambar beresolusi tinggi maka di perlukan 3 komponen komputer yang bekerja berat antara lain processor , memory dan vga , processor yang kerjanya terlalu berat akan cepat menimbulkan panas yang tinggi dan komputer pun bisa berakibat mati sendiri .
Cara mencegahnya pun cukup sederhana anda dapat menambahkan kipas pada bagian belakang intel dual core CPU

BIOS terjadi OVERLOCK 
Komputer akan cepat panas karena semua komponen di dalam nya di buat bekerja terlalu maksimum efek ini bahkan bisa membuat komputer anda tidak bisa berfungsi sama sekali .
Apabila ada masalah seperti ini cara mencegahnya kembalikan BIOS ke posisi normal kembali .

Terjadi masalah pada power suply
Apabila terjadi kebocoran pada power suply , maka tegangan listrik ke moterhboard atau bisa juga ke seluruh komponen lainya sehingga CPU menjadi panas dan komponen akan mengalami kerusakan .
Cara mencegahnya and bisa menggunakan stabilizator untuk menjaga aliran tegangan listrik .

VGA  berdebu dan kotor



Pastikan komponen ini cukup bersih dan tidak berdebu karena dapat menghambat proses pendingin dri kipas  dan akan menyebabkan komputer cepat panas .
untuk mengatasi hal ini anda cukup membersihkan kipas pendingin processor .



Itulah beberapa penyebab komputer atau laptop anda cepat panas dan mengakibatkan hang pada komputer , semoga dengan cara tersebut komputer anda tidak cepat panas serta teggangan listrik pun menjadi normal selama pemakaian . Demikian sekilas info dari saya semoga bermanfaat untuk semua pembaca . Dan terimakasih anda sudah sempat mampir di artikel saya ini ..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENAMPILKAN ISI FOLDER / DIREKTORI WINDOWS EXPLORER

PENANGANAN PROSES SISTEM OPERASI DAN HARDWARE DALAM MICROSOFT WINDOWS

CARA MEMBUAT LEMBAR KERJA BARU PADA APLIKASI PHOTOSHOP cs6