BEBERAPA JENIS VIRUS KOMPUTER DAN CARA MENGATASINYA


Sebuah virus mampu membuat hilang file data di komputer anda dan virus juga bisa membuat komputer eror dan mengakibatkan mati rusak . Virus dalam komputer juga mempunyai efek memperlambat kinerja anda . Namun yang paling berbahaya virus bisa memperbanyak diri dan kemudian menyerang sistem operasi penting dalam komputer sehingga banyak program yang eror . Dan perlu anda ketahui ternyata virus komputer tidak berjenis satu saja . Saya akan menjelaskan beberapa virus yang sering ada di komputer , Berikut adalah jenis komputer yang kerap menyerang sitem komputer serta cara mengatasinya :





FAT Virus
adalah jenis virus komputer  yang berkemampuan merusak file perangkat komputer virus ini juga dengan mudah menyembunyikan file penting sehingga file tersebut seakan akan hilang.
Lalu bagaimana cara mengatasinya ? cara mengatasinya pun sedikit susah karena seorang pengguna harus memperhatikan data yang tersimpan dalam folder penyimpanan .


Companion virus
Virus ini merupakan salah satu jenis virus yang dapat menggagu data komputer , virus ini sangat sulit terdeteksi karena mempunyai kemampuan bersembunyi dalam hardisk bahkan juga mampu mampu mengubah data menjadi format palsu .
Cara mengatasi virus ini adalah pengguna bisa mencegah dan rutin membersihkanya lewat antivirus .

Polymorpic virus 
Merupakan salah satu virus yang sulit di deteksi dan di bersihkan , virus ini dapat membuat dirinya bersandi . Bahkan virus ini mampu menggubah strukturnya dan memanipulasi antivirus .

Karena kemampuan virus ini cara mengatasinya dengan menggunakan antivirus dan firewall sebagai benteng pertahanan komputer .

Directory virus 
Sejenis virus yang dapat menginfeksi virus berekstensi EXE , virus ini cara kerjanya membuat sebuah program exe tersebut hilang . Maka secara otomatis virus ini akan menginfeksi sitem lain . jika virus ini sudah menjalar ke semua sistem banyak program yang tidak bisa di buka bahkan antivirus pun tidak mempan menanganinya .
cara mengatasi nya anda harus cepat cepat menginstal ulang komputer anda .

Macro virus 
Virus ini biasanya akan menggagu sekaligus menginfeksi file makro seperti docm , xls , pps Untuk penyebaranya virus ini biasanya melalui email-email yang di terima pengguna .
Untuk mengatasi virus ini dapat di lakukan dengan cara tidak membuka email mencurigakan yang masuk lewat komputer anda .


Memory resident virus
Merupakan jenis virus komputer yang kerap menginfeksi RAM komputer sehingga menimbulkan komputer menjadi lemot , virus ini juga akan aktif otomatis ketika komputer di nyalakan .

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi virus ini ? mengatasi virus ini masih tergolong mudah cukup dengan menggunakan aplikasi antivirus seperti smadav , avast ,dan avira .


Itulah beberapa virus yang sering di jumpai dalam penggunaan komputer , sekian dan sampai jumpa di artikel berikutnya .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENAMPILKAN ISI FOLDER / DIREKTORI WINDOWS EXPLORER

PENANGANAN PROSES SISTEM OPERASI DAN HARDWARE DALAM MICROSOFT WINDOWS

CARA MEMBUAT LEMBAR KERJA BARU PADA APLIKASI PHOTOSHOP cs6