APA YANG DI MAKSUT RAM DAN FUNSI NYA

Apakah yang di maksud dengan RAM , RAM biasa nya di sebut dengan random acces memori . Lalu apa fungsi dari RAM tersebut , RAM berfungsi sebagai alat penyimpan data dalam komputer . RAM ini juga bekerja sama dengan hard drive yang bisa menyimpan dalam jangka waktu lama serta menyediakan akses yang cepat ke komputer yang aktif membacaa atau menulis . Tidak seperti hard drive data disimpan dalam RAM akan terhapus ketika reboot komputer . Lalu apa fungsi menurut dasarnya , mari kita simak di bawah ini :

Penyimpanan sementara
RAM menyimpan data yang di gunakan program secara aktif  tapi tidak di simpan secara permanen . Dengan menjaga data RAM  program dalam komputer akan bekerja dengan cepat .


Membaca file
Hard drive menyimpan sejumlah besar file tetapi dibandingkan dengan komponen lainnya , drive bekerja sangat lambat . Mengakses file pada hard drive terutama ketika file tersebar di seluruh drive karena fragmentasi . Membutuhkan kepala drive untuk memindahkan secara mekanik . Meskipun drive berputar di ribuan rotasi per menit , proses ini menyebabkan penundaan ketika membuka file . Untuk mengurangi penundaan maka file komputer menyimpan di RAM setelah file di baca di drive


Ukuran RAM 
Apabila RAM bekerja lebih cepat dari hard drive , kenapa tidak memuat semua data komputer ke RAM ? Apa alasanya :
Sebuah komputer memiliki RAM lebih sedikit di banding hard drive . Ukuran hard drive berkisar beberapa ratus gigabyte pada laptop 10TB . Pada sisi lain komputer rumah memiliki RAM 4 sampai 8 GB ,  bahkan windows8 pun memiliki batas hanya sampai 512GB RAM ,

Nah , itulah fungsi ram dalam komputer dengan pengertianya . Lalu bagaimana cara melihat RAM Dalam komputer atau laptop ? di artikel saya Sebelum nya saya sudah menjelaskan bagaimana cara melihat di komputer anda . sekian semoga bermanfaat artikel saya ini sampai jumpa di lain waktu , Terimaksih atas kunjungannya .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENAMPILKAN ISI FOLDER / DIREKTORI WINDOWS EXPLORER

PENANGANAN PROSES SISTEM OPERASI DAN HARDWARE DALAM MICROSOFT WINDOWS

CARA MEMBUAT LEMBAR KERJA BARU PADA APLIKASI PHOTOSHOP cs6